0 0

Penitian, Sinyo Nakal, atau bahasa latinnya menurut wiki adalah Duranta erecta L. adalah jenis perdu hias, rimbun tapi tidak terlalu besar sehingga banyak dipakai di rumah penduduk sebagai pagar tanaman. Di rumah saya dulu tanaman ini juga dipakai sebagai pagar keliling taman.

Kebanyakan dari kalian pasti sudah mengenal tanaman ini. Di daerah saya disebut Penitian, sementara di daerah lain ada juga yang menyebutnya Sinyo Nakal. Loh siapa yang nakal? Itu… Anu… Penulisnya dulu yang nakal dengan tanaman ini… ha ha haa…

Lalu apa serunya tanaman ini?

Inilah salah satu tanaman yang membahagiakan masa kanak-kanak saya dulu. Perdu ini berbuah kuning bulat kecil-kecil, cocok sekali buat peluru katapel. Dengan katapel sederhana dari karet gelang dan lipatan kertas tebal sebagai pelontarnya, amunisi dari buah penitian meluncur cepat menghantam target.

Lalu apa targetnya? Nah, ini saya mau cerita, tapi jangan diikuti ya, karena ini berpotensi merugikan orang lain dan bikin kotor 😀

Jaman sekolah dulu saya naik bis sekolah pulang pergi. Sepanjang perjalanan banyak rambu-rambu lalu lintas. Tentunya, saya dan teman-teman sudah siap duduk pinggir jendela, berlomba-lomba dengan teman-teman membidik dan menembak rambu lalu lintas di pinggi jalan yang dilewati. SPLASH… peluru tepat sasaran pecah membentuk jejak yang kadang bagus bentuknya menurut kami dulu.

Bayangkan!! Buah kuning lembut melesat kencang dan pecah menempel di target. Bentuknya macam meteor jatuh ke bulan dengan pecahannya menyebar kuning dan basah. Rasanya dulu itu keren banget.

Tapi alhasil… rambu-rambu lalu lintas tersebut jadi kotor bercak kuning yang lama kelamaan menghitam. Joroklah pokoknya.

Maafkanlah kami dulu yang nakal nakal ya pak Pamper… 🙂

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
safety glasses Previous post Panduan Memilih Safety Glasses
Teleconverter Vivitar mc 2X-3 Next post Seri #0: Pengenalan – DIY Telescope Barlow Lens

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *