0 0

Membuat Barlow Lens dari Bahan Teleconverter Lensa Kamera

Belakangan saya lagi demen yang namanya telescope, ngintipin bintang, bulan, dan yang berhubungan dengan itu. Sebenarnya sudah lama saya punya beberapa perlengkapan telescope dan aksesorinya. Cuma baru beberapa waktu belakangan mulai ngutak-atik lagi.

Dari pengalaman mengintip bulan dan bintang, saya merasa tidak puas dengan kualitas barlow lens yang saya miliki. Barlow lens adalah alat optik aksesori teleskop yang berfungsi untuk melipatgandakan Focal Lenght (FL). Alat ini diletakkan sebelum eypiece. Jadi misalnya kamu punya telescope dengan panjang FL 500mm dengan eyepice 10mm, maka pembesarannya akan 50 kali. Tetapi bila kamu pasang sebuah Barlow Lens 2X di depan eyepiece, maka pembesarannya akan menjadi 100 kali.

Bagus kan?

Ya, bagus sekali. Cuma ada sedikit kelemahannya. Kualitas Barlow Lens yang saya miliki membuat cahaya yang diterima mata berkurang sekian STOP sehingga tampak lebih redup. Ini karena kualitas lensa dari Barlow saya yang mungkin ala kadarnya, coating lensa dengan kualitas entry level.

Dari sini saya penasaran dan iseng-iseng pingin mencoba membuat Barlow Lens sendiri dari bahan Teleconverter yang biasa dipakai di kamera DSLR. Saya melihat kualitas lensanya jauh lebih baik.

Saya berhasil mendapatkan sebuah teleconverter bekas merk Teleconverter Vivitar mc 2X-3 dengan harga yang cukup murah, jika dibandingkan dengan harga barlow lens berkualitas. Teleconverter inin nantinya akan saya ambil lensanya saja. Tantangannya adalah membuat body barlow lens home made yang compatible dengan slot telescope yang ada.

Teleconverter Vivitar MC 2X-3

Teleconverter ini diameter rumah lensanya (modul lensa) mendekati ukuran diameter slot eyepiece telescope, 1.25 inch.

Karena prosesnya yang cukup panjang, maka akan saya bagi dalam beberapa bagian:

  1. Unboxing
  2. Membongkar modul lensa
  3. Membongkar lensa dari modul lensa untuk membersihkannya dari kotoran dan jamur.
  4. To be done soon setelah bereksperimen

Tutorial DIY saya upload dalam channel youtube saya RodaEnam.

Ikuti terus blog saya untuk update progress terbaru.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Kembang Penitian Previous post Kembang Penitian, Jenis Perdu Kebahagiaan Masa Kanak-Kanak
DIY Telescope Next post Seri #1: Unboxing – DIY Telescope Barlow Lens

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *