0 0

Tutorial bongkar pasang lensa Sony 16-50mm (kit lens) yang macet mekanismenya.

Beberapa waktu yang lalu penulis mengalami masalah pada lensa bawaan Sony A6000, lensa sony 16-50mm, yang konon katanya adalah kamera sejuta umatatau kamera terbaik untuk range harga tersebut pada jamannya. Masalahnya adalah saat lensa sony 16-50mm ini dipasang dan kamera dinyalakan, bodi kamera tidak mengenali lensa dan meminta pemangan diperbaiki. Padahal lensa sudah berada pada posisinya di braket dan terkunci dengan baik. Tidak ada respon apa-apa pada lensa.

Lensa Sony 16-50mm pada bodi Sony A6000. Mekanis lensa tersangkut menyebabkannya tidak berfungsi lagi.
Lensa Sony 16-50mm pada bodi Sony A6000

Foto di atas memperlihatkan posisi lensa sony 16-50mm yang menjulur keluar dan tidak bisa masuk kembali. Tidak bisa digerakkan baik secara manual ataupun secara software. Analisis awal penululis adalah, mekanis lensa di dalam tersangkut sesuatu atau ada yang patah sehingga tidak bisa digerakkan. Hal ini bisa terjadi bila ada suatu kotoran yang masuk, ada bagian yang patah, misal karena pernah jatuh, atau tersangkut/tertahan ketika lensa dalam proses keluar masuk dan ada bagian yang selip.

Berbekal beberapa tutorial, penulis mencoba membongkar dan memperbaiki sendiri lensa tersebut dan ternyata memang gampang sekali. Alhasil, hemat sekian ratus rtibu untuk ongkos perbaikan lensa..he hee..

Apa saja yang dibutuhkan untuk bongkar pasang alat ini? Apakah perlu alat khusus?

Ternyata tidak.

Alat-alat yang penulis gunakan adalah:

  1. sebuah obeng plus kecil
  2. sebuah obeng minus kecil
  3. lap micro fiber yang biasa buat ngelap kacamata
  4. meja kerja dan penerangan yang cukup, karena baut-baut yang akan dilepas sangat kecil dan rawan jatuh atau selip/hilang.
  5. keyakinan dan ketelatenan he hee..

Bagaimana proses bongkar pasang dan perbaikan lensa sony 16-50mm? Mari langsung ikuti saja tutorial dalam video berikut ini.

PERHATIAN:

Membongkar atau perbaikan lensa sony 16-50mm pada saat masa garansi masih aktif akan membatalkan garansinya. Pastikan kamu mengerti sebelum mulai membongkar lensamu. Penulis hanya menceritakan pengalaman bagaimana gampangnya bongkar pasang lensa ini. Segala kerusakan yang terjadi akibat kesalahan pembongkar-pasangan lensamu adalah tanggung jawabmu sendiri.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Membersihkan Lensa Previous post Seri #3: Membongkar Lensa dari Modul Lensa – DIY Telescope Barlow Lens

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.