Jarak Aman Antar Kendaraan

Saat anda mengemudi, baik roda dua, roda empat atau lebih, berapa jarak dengan kendaraan di depan anda? 2 meter, 3 meter, 5 meter? Berapa meter sebaiknya jarak aman antar kendaraan? Apa sih maksudnya jarak aman?
Oke, mungkin salah satu dari anda mengatakan jarak aman adalah 2-3 meter.

Anda sedang mengemudi di lokasi perumahan dengan kecepatan 20 km/jam beriringan dengan kendaraan di depan anda berjarak 3 meter. Amankah jarak ini? Jika kendaraan di depan anda mengerem mendadak anda masih punya jarak melakukan pengereman tanpa menabrak kendaraan di depan anda. Ini masih harus ditambah jarak anda menyadari kendaraan di depan berhenti mendadak sampai anda melakukan pengereman, yang disebut respon time. 3 meter ini bisa dikatakan jarak aman, pada kondisi tersebut.

Lalu anda dan kendaraan di depan keluar dari perumahan dan menambah kecepatan menjadi 60 km/jam. Berapa jarak aman kendaraan anda dengan kendaraan di depan? Tetap 3 meter? Lalu anda dan kendaraan di depan anda masuk ke jalan bebas hambatan dan melaju 100 km/jam. Berapa jarak aman antar kendaraan sekarang? Tetap 3 meter? Atau bertambah jauh? Jadi berapa meter? 10 meter? 20 meter? Bagaimana menentukannya?

Sebenarnya meter bukanlah patokan. Yang harus kita gunakan di sini adalah satuan waktu, yaitu detik. Jadi pertanyaan seharusnya adalah berapa detik jarak aman antar kendaraan yang terbaik. Bagi anda yang pernah ikut training khusus tentang ini, Difensive Driving, tentunya sudah hafal dan familiar dengan hal ini. Oke, kita akan bagi ilmunya. Jarak aman terbaik adalah minimal 2 sampai 3 detik, tergantung respon time dari pengemudi. Pengemudi yang punya respon lebih lambat disarankan untuk memperpanjang jarak dengan kendaraan di depannya agar respon time pengemudi ditambah jarak pengereman masih mencukupi sebelum menabrak kendaraan di depannya.

Bagaimana cara menghitung jarak 3 detik?  Pengemudi bisa menggunakan tanda-tanda atau objek yang ada di jalan, misalnya garis marka jalan atau tiang lampu. Saat kendaraan di depan, misalnya melalui sebuah tiang lampu, mulailah menghitung sampai tiang lampu tersebut anda lalui. Tentunya tidak perlu akurat, hanya sebagai panduan. Anda akan lihat bahwa semakin cepat kendaraan anda maka semakin jauh seharusnya jarak anda dengan kendaraan di depan anda.

Drive safe!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Click to hear an audio file of the anti-spam word