Review Samsung Galaxy S4 vs HTC One

Kali ini saya akan mencoba review dua gadget premium yang segera muncul segera, yaitu Samsung Galaxy S4 vs HTC One. Review ini saya buat dari kacamata saya sebagai calon pengguna berdasarkan referensi dari beberapa website yang membahas keduanya dan kebutuhan saya sebagai calon pengguna. Loh, gak pegang dan mencoba langsung Hpnya dong? Gimana mau review kalau gak pegang Hpnya? He he.. maaf mungkin saat ini review saya belum secanggih itu. Sebagai calon pengguna, toh referensi yang biasa dicari ya dari internet juga sebelum memutuskan untuk membeli. Jadi review ini lebih tepatnya disebut rangkuman review?. Mau cek barangnya di toko juga belum ada.

Sebagai informasi, sebelumnya saya adalah pengguna Samsung Galaxy S generasi pertama yang saat ini berniat untuk mengganti dengan yang lebih update. Dengan pertimbangan budget, design, teknologi, kamera, flexibilitas tukar data dengan PC, dan tentunya banyaknya aplikasi pilihan, maka pilihan jatuh pada kedua HP ini, Samsung Galaxy S4 vs HTC One. Dari bocoran, kedua HP ini akan dijual dengan kisaran harga yang gak jauh beda pula, tujuh koma sekian.

Oke, mari kita mulai. Literatur saya ambil dari beberapa review di youtube, ini salah sau contohnya:

Design:
Seperti versi sebelumnya, S4 masih menggunakan bahan plastik untuk cover belakangnya sedang HTC One menggunakan bahan metal sehingga dari segi penampakan HTC One terlihat lebih exclusive. Layar depan sama-sama menggunakan gorila glass dengan layar S4 sedikit lebih besar, S4 dengan 5 inch vs HTC One 4,7 inch.

Hardware & Software:
Referensi hardware bisa dilihat di sini untuk Samsung Galaxy S4(ada beberapa variant) dan di sini untuk HTC One. Bisa saya katakan kedua HP ini memiliki hardware yang berimbang, processor quad core, layar high resolution: S4 441ppi dan HTC One 469 ppi. Dari beberapa referensi speed test, S4 sedikit lebih unggul dibanding HTC One. Tapi di referensi yang lain HTC One lebih unggul. Mungkin dengan varian yang berbeda hasilnya akan berbeda. Saya belum tahu varian mana yang akan masuk ke Indonesia. Dari beberapa video youtube, terlihat response keduanya sama halusnya. Mungkin HTC One saya temukan lebih unggul dalam response keyboardnya. S4 memiliki motion sensor pada kameranya dan touch screen sensitif sehingga dapat merespon gerakan saat tangan pengguna hover (beberapa mili) di atas layar, misalnya untuk menggeser layar. Bagaimana dengan HTC One? Saya belum temukan referensinya. Memori S4 bisa diexpand dengan memory external sedangkan HTC One tidak.

Kamera:
Dari beberapa referensi, ini salah satunya keduanya menunjukkan kualitas foto yang sangat baik. Untuk beberapa hal terlihat hasil jepretan kamera HTC One lebih baik dengan warna lebih natural. Di low light dan indoor, HTC One menunjukkan hasil yang lebih baik. Dari segi megapixel S4 lebih unggul dengan camera 13 megapixel sedang HTC One masih dengan 4 megapixelnya. Lalu bagaimana camera 4 pixel bisa dikatakan kualitasnya lebih baik dari 13 megapixel? Hmm.. hal yang menarik untuk diteliti lebih jauh.

Suara/Audio
HTC one memiliki dua speaker yang terletak di bagian depan atas dan bawah, sehingga kalau diposisikan horisontal seharusnya akan memberikan efek stereo yang lebih baik. S4 tidak memiliki design yang serupa. Kedua HP ini sama-sama memiliki 3,5mm jack.

Service Center
Service Center sangat penting dalam memutuskan membeli suatu produk. Kedua HP ini sama-sama memiliki service center di Indonesia, terutama di kota saya. Mungkin Samsung memang terlihat lebih besar namanya dibanding HTC. Tapi menurut saya itu karena Samsung menjual banyak sekali variant produknya. Akan lucu nantinya bila saya membeli suatu produk yang secara statistik sangat rekomended untuk dibeli tapi ternyata kesulitan saat mencari service centernya.

Aksesoris
Ini juga salah satu hal penting. Tapi saya yakin keduanya tidak susah untuk ditemukan. Sekilas mata, aksesoris produk Samsung lebih mudah ditemukan di pasaran. Kalau ternyata memang susah ditemukan, masih ada Ebay 😀

Kesimpulan
Secara pribadi saya masih belum berani memilih mana yang terbaik. Sekilas S4 terlihat lebih unggul tapi HTC One terlihat lebih exclusive dan solid. Posisi speaker di depan juga sangat menarik. Sampai nantinya kedua HP ini benar-benar keluar dan bisa dipegang dan dicoba, baru keputusan akan dibuat. Paling tidak sudah ada gambaran awal tentang keduanya.
Semoga bermanfaat.

Review Samsung Galaxy S4 vs HTC One

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Click to hear an audio file of the anti-spam word