Ide dari Rumput

horta‘Tanyakan pada rumput yang bergoyang’. Kalimat yang dulu sangat populer. Tapi kali ini bukan membahas goyangan rumbut tersebut. Adalah Boneka Rumput Horta, yang bagi anak-anak sangat populer. Boneka mungil yang dengan perawatan akan tumbuh rumput di kepala, atau badannya.

Sebenarnya bukan tentang boneka ini juga yang inget dibahas. Tapi sebuah ide.

Hal yang sangat sederhana. Menanam, dan yang ditanam dan dipelihara adalah rumput. Apa istimewanya rumput? Toh rumput ada di mana-mana. Mulai dari yang murah sampai yang mahal. Dari yang susah perawatannya sampai yang dibiarkan tumbuh lebat. Sebuah ide, itulah yang harus dibayar dan akhirnya bisa menghasilkan duit. Bukan cuma duit. Ada proses belajar bagi anak-anak sekolah, khususnya tingkat taman kanak-kanak atau SD. Walaupun terus terang saya sendiri penasaran dan ikut merawat 🙂 Bagaimana dari biji-bijian rumput harus diberi media tanam, yang mana media tanam tersebut dibuat menarik dalam bentuk sebuah boneka. Lalu harus disiram tiap hari, diletakkan ditempat teduh, dirawat, dipotong. Bisa dibayangkan merawat rambut yang bisa tumbuh pada sebuah boneka.

Kali ini rumput yang tumbuh pada boneka. Mungkin dari sini, pasti, akan muncul ide-ide lain yang lebih hebat dari hal-hal yang sederhana. Mungkin saja wall paper dari bahan rumput juga, yang bisa tumbuh warna-warni, tanpa menyebabkan lembab. Atau jamur berfosfor yang tumbuh dari keramik dinding, sehingga saat malam tiba, pendaran fosfor akan membuat nuansa berbeda.

Silakan berkreasi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Click to hear an audio file of the anti-spam word